4 Tips Menghindari Penipuan Online Lewat WA

Ilustrasi beberapa tips menghindari penipuan online di WA yang marak terjadi belakangan.

Akhir-akhir ini sedang marak beredar modus penipuan online di aplikasi WhatsApp (WA) dengan berbagai macam metode yang digunakan.  Contoh metode penipuan yang dilakukan adalah membagikan undangan link pernikahan palsu atau link tagihan BPJS palsu, serta mengundang korban untuk jadi anggota grup WA palsu Shoope. Modus penipuan online di WA sejatinya sudah banyak menelan korban dan berhasil mencuri uang korban hingga jutaan rupiah. Untuk membuat korban percaya, penipu akan menggunakan metode phising yang bervariasi. Walau metode phising untuk melakukan penipuan online selalu berganti-ganti, namun terdapat beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menghindarinya.

Cara Menghindari Penipuan Online :

  1. Cek Nomor Telepon di GetContact

Jika anda mendapatkan pesan aneh dari kontak asing atau kontak tidak dikenal, cobalah untuk cek nomor telepon itu terlebih dahulu di Aplikasi GetContact. Hal ini penting dilakukan, karena untuk mengetahui pemilik nomor itu yang disematkan atau digunakan pengguna lain.

  1. Jangan bagikan data pribadi sembarangan ke kontak asing

Cara menghindari penipuan online berikutnya adalah jangan membagikan data pribadi sembarangan ke kontak asing yang tidak kita kenal. Data pribadi yang harus dijaga kerahasiaannya, seperti NIK, Alamat PIN, password, atau nama akun, harus dijaga kerahasiaannya. Penipu mungkin akan membuat formular pengisian data pribadi dengan mencatut nama pihak resmi. Lebih baik tanyakan langsung kepada callcenter resmi.

  1. Jangan menginstal APK yang diberikan

Jangan pernal menginstal aplikasi yang diberikan oleh penipu. Aplikasi jahat yang disebarkan penipu bukanlah bersumber dari toko aplikasi resmi PlayStore. Kemudia, bukan juga dari pihak resmi yang mencatutkan namanya oleh penipu. Penginstalan aplikasi dari informasi phising merupakan gerbang awal penipu dapat mengobrak-abrik ponsel korban, mendapatkan rahasia, hingga berujung mencuri isi rekening bank.

  1. Blokir kontak yang menyebar informasi phising

Cara terakhir adalah dengan memblokir kontak penyebar informasi phising. Sebelum memblokir, usahakan untuk memberi nama kontak yang menyebar informasi phising sebagai “penipu”. Pemberian nama tersebut perlu dilakukan juga agar pengguna lain juga bisa mendapatkan informasi identitas penipu di GetContact.

Itulah 4 cara menghindari penipuan online lewat WA yang sedang marak. Jangan mudah tergiur oleh penawaran yang diberikan oleh penipu.