4 Tips Menghilangkan Ngantuk Saat Belajar

10 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Belajar yang Ampuh

Belajar memanglah kegiatan yang memang membutuhkan pikiran yang fokus. Namun belajar terlalu lama juga membuat kita mengantuk saat belajar. Jika ngantuk sudah pasti bikin kita gagal fokus. Faktor kelelahan dan kurangnya tidur yang cukup, rasa ngantuk tiba-tiba muncul memang sangat menggangu, apalagi saat belajar. Kamu pasti pernah atau bahkan sering merasa mengantuk saat belajar. Berikut tips menghilangkan ngantuk saat belajar.

  1. Minum air putih

Kelelahan atau ngantuk bisa menjadi tanda dehidrasi. Dehidrasi tidak hanya menguras energi saja, tetapi juga menganggu fungsi kognitif, sehingga menyulitkan kita untuk belajar. Bahkan, dehidrasi tingkat ringan hingga sedang dapat mengganggu memori jangka pendek, konsentrasi, kemampuan matematika, kewaspadaan, dan persepsi. Untuk memastikan jika anda tidak tertidur saat belajar atau bekerja, cukupi cairan asupan tubuhmu sebanyak delapan gelas sehari.

  1. Membasuh muka dengan air dingin

Jika anda kesulitan untuk belajar karena mengantuk, sebaiknya anda pergi ke kamar mandi dan percikkan air dingin ke wajah anda. Hal ini bisa membuat anda merasa segar dan kembali berenergi. Setelah memercikan air ke wajah, anda bisa berjalan keluar ruangan untuk merasakan udara segar.

  1. Melakukan beberapa gerakan

Gerakan bisa menambah energi. Selain membantu anda tetap terjaga, melakukan beberapa gerakan juga dapat membantu menghilangkan stres dan meningkatkan kemampuan Anda untuk benar-benar mengingat apa yang Anda pelajari. Bahkan, 10 menit diluar ruangan sudah membuktikan secara signifikan dapat meningkatkan kinerja siswa dalam memori, deteksi fitur, dan tugas. Saat belajar, usahakan untuk berisitrahat sejenak setiap 30 hingga 50 menit.

  1. Mendapat paparan Cahaya didalam ruangan

Jika anda belajar didalam ruangan yang memiliki jendela, buka tirai dan biarkan Cahaya matahari masuk. Sinar matahari dapat meningkatkan kewaspadaan dan energi. Jika Anda tidak memiliki jendela di dekat ruang kerja atau ruang belajar, Anda menyalakan lampu agar rasa kantuk berkurang.

Beberapa cara agar tidak ngantuk saat bekerja atau belajar dapat dicoba sehingga Anda lebih produktif dan dapat menyelesaikan semua tugas dengan baik.