4 Tips Menghafal Pelajaran dan Mengingat Lebih Lama

6 Tips Agar Mudah Mengingat dan Memahami Pelajaran - BERBAGI ILMU

Menghafal dengan cepat bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Namun, sering kali metode menghafal sangat dibutuhkan untuk pembelajaran di sekolah. Meskipun tidak semua Pelajaran disekolah harus dihafal, alih-alih menghafal, siswa diimbau untuk memahami materi Pelajaran. Kemampuan untuk memahami informasi baru tergantung pada kemampuan seseorang untuk mengingat apa yang Anda pelajari sebelumnya. Lantas bagaimana cara menghafal dengan cepat? Berikut cara untuk menghafal dengan cepat

  1. Membuat peta konsep

Membuat peta konsep atau mind map juga dapat digunakan untuk menghafal dengan cepat. Bahkan, cara ini juga membuat seseorang lebih memahami materi yang dipelajari sehingga dapat membuatnya ingat lebih lama. Peta konsep dapat dibuat dengan memetakan konsep lewat gambar yang menyerupai pohon. Tiap cabang-cabang dalam pohon diasosiasikan sebagai materi yang saling berkaitan.

  1. Menulis apa yang hendak diingat

Cara menghafal dengan Teknik menulis merupakan cara tertua yang hingga saat ini masih digunakan. Menulis merupakan cara menghafal sesuatu karena mengaitkan apa yang telah dipelajari melalui memori otot. Menulis juga memberikan ruang untuk belajar secara visual sehingga seseorang lebih mudah mengingatnya daripapda hanya dihafal. Dengan cara menulis juga dapat membuat seseorang materi lebih lama.

  1. Mengulangi berulang-ulang

Cara mengingat berikutnya adalah dengan melakukan pengulangan berulang-ulang. Cara ini merupakan cara cepat dan mudah karena membiasakan otak mengenali frasa tersebut. Hal itu memungkinkan otak untuk menyimpan beberapa materi untuk sementara waktu. Pengulangan juga akan memungkinkan seseorang untuk menghapus keraguan.

  1. Mencoba memahami yang dihafal

Menghafal merupakan suatu Teknik yang tidak sekedar memasukkan materi ke dalam otak. Lebih dari itu, seseorang memerlukan proses pemahaman pada materi tertentu agar bisa menyimpan materi itu lebih lama. Jika seseorang memahami suatu subjek, maka seseorang juga akan mudah mengetahui artinya. Sehingga memungkinkan untuk mengingat inti dari yang dipelajari.

Itulah 4 tips untuk menghafal Pelajaran dengan cepat. Tidak hanya menghafal saja, kamu juga perlu memahami materi yang diberikan, karena itu juga penting untuk kamu saat sedang menghafal.