4 Tips Mengatasi Rasa Malu Agar Percaya Diri Meningkat

7 Tips Menumbuhkan Sifat Berani pada Anak yang Pemalu - Alodokter

Hampir semua orang pasti memiliki rasa malu. Penyebabnya bisa beragam, dari hal yang sepele hingga yang teramat memalukan baginya. Malu juga bisa disebabkan oleh diri sendiri atau juga orang lain.

Di sisi lain, banyak orang yang memiliki sifat pemalu. Menjadi pemalu erat kaitannya dengan kurangnya rasa percaya diri yang dimiliki. Rasa malu yang berlebihan juga dapat memengaruhi aktivitas kita sehari-hari. Bahkan dalam jangka Panjang, kurangnya percaya diri dapat menjadi penghambat untuk kita mencapai tujuan hidup.

Berikut Tips mengatasi rasa malu agar percaya diri meningkat.

  1. Temukan akar penyebab masalah

Memahami alasan dibalik perilaku dan perasaan juga penting untuk perubahan. Anda tidak akan bisa menyelesaikan masalah jika anda tidak tahu harus memulai dari mana. Renungkan dan tanyakan pada dirimu sendiri mengapa anda merasa seperti itu. Buat daftar semua alasan mengapa anda harus menghilangkan rasa malu dan pikirkan bagaimana cara membuatnya menjadi lebih baik.

  1. Menghargai diri sendiri

Cara kedua agar rasa percaya dirimu meningkat adalah menghargai diri sendiri. Pikirkan semua hal baik dan kesuksesan yang telah anda raih selama ini. Puji diri anda bahkan untuk pencapaian paling kecil dengan penuh percaya diri, karena orang yang seharusnya bangga pada anda adalah diri anda sendiri.

  1. Berhenti memikirkan orang lain

Berhentilah berpikir jika orang lain akan melihat anda dan memikirkan hal buruk tentang anda. Mereka memiliki kehidupan mereka sendiri dan anda tidak bisa mengadili hidup mereka. Lebih baik jika anda fokus kepada diri anda sendiri dan jangan memikirkan apa yang orang lain lakukan.

  1. Lakukan aktivitas sendirian

Cobalah untuk berlatih setiap kali anda merasa cemas setiapkali anda pergi ke konter untuk memesan makanan atau minuman. Pergi ke restoran atau café sendirian dan pesan sesuatu. Dengan car aini, kamu akan merasa terbiasa berada di tempat umum dan akhirnya anda akan mengakui bahwa anda dapat melakukan sesuatu hal sendiri tanpa merasa sadar.

Itulah 4 tips untuk mengatasi rasa malu agar percaya diri semakin meningkat. Jangan mudah denga napa yang orang katakan, karena hal itu justru akan membuatmu tidak percaya diri.