4 Tips Lari Untuk Pemula

6 Tips Memulai Rutinitas Lari untuk Pemula Halaman all - Kompas.com

Sangat banyak orang menyukai olahraga sepeti lari. Namun, tidak semua orang memiliki fisik yang kuat saat berlari, tetapi juga ada orang yang cepat merasa lelah sebelum melakukannya terlalu jauh. Jika anda merasa Lelah selama berolahraga tandanya anda perlu meningkatkan daya tahan kardiovaskular pada tubuh. Agar anda bisa lari atau jogging dengan jarak yang jauh dan tidak mudah Lelah ada beberapa tips yang bisa kamu coba. Berikut Tips lari untuk kamu para pemula.

  1. Tentukan target lari

Tips pertama agar larimu tidak mudah Lelah dan mencapai target yang kamu inginkan adalah tentukan target larimu. Target lari bisa berupa jarak lari, durasi lari, dan teknik berlari. Sangat dianjurkan untuk kamu para pemula menentukan target lari, karena banyak kejadian pelari pemula cedera karena tidak mengatur target berlari, akibatnya melebihi batas kendali tubuh. Kamu bisa membuat target rutin setiap hari dengan berlari selama 15 hingga 30 menit pada waktu pagi atau sore hari.

  1. Memilih sepatu lari yang cocok

Tips lari berikutnya adalah memilih sepatu yang cocok digunakan untuk kamu saat berlari. Tentu ini dikarenakan dengan sepatu lari yang cocok digunakan untuk berlari dan lebih nyaman. Dengan menggunakan sepatu lari juga akan mencegah kaki keseleo atau cedera pada kaki bagian bawah.

  1. Lakukan pemanasan

Hindari mulai berlari sebelum tanpa pemanasan terlebih dahulu. Pemanassan bisa dilakukan dengan beberapa peregangan dinamis dan Latihan aerobic intensitas selama 5 hingga 15 sebelum memulai berlari. Dengan pemanasan, detiekrs dapat membantu mengurangi risiko cedera dengan melakukan pemanasan otot.

  1. Mulai dengan jalan santai

Tips berikutnya agar saat lari tidak mudah Lelah adalah mulai dengan jalan santai. Dengan mulai lari secara perlahan, tubuh bagian bawah akan lebih siap untuk jalan dengan jarak yang lebih jauh. Sehingga sebelum memulai, jalan santai bisa termasuk pemanasan untuk peregangan pada kaki. Kamu dapat masukkan di jeda sebelum lari, pertengahan lari sesuai dengan jarak tempuhmu.

Itulah 4 tips lari untuk kamu para pemula. Jika kamu masih pemula, jangan melakukan jarak tempuh secara berlebihan karena hal itu akan berbahaya bagi kamu.