4 Tips Jaga Kesehatan Tubuh Wanita

Playxfit – Kesehatan mahal harganya dan perlu dijaga oleh semua orang, khususnya wanita. Di negara Timur, wanita dituntut untuk tampil fit dan prima. Nah, bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh wanita? Yuk, simak tips berikut ini !

1. Pemeriksaan Kanker Serviks dan Kanker Payudara

Pertama, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan kanker servik dan payudara sejak dini. Mulai usia 20, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Usia 40 tahun ke atas, seorang wanita sebaiknya melakukan mamogram setiap tahun. Hal ini juga berlaku untuk pemeriksaan dini kanker serviks atau kanker leher rahim.

 

2. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Umumnya wanita lebih khawatir jika mengalami peningkatan berat badan atau memiliki berat badan yg lebih dari normal. Jika dari perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT), seseorang memiliki berat badan yang melebihi normal maka perlu melakukan usaha menurunkan berat badan. Berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat merupakan kunci untuk menurunkan berat badan. Usahakan untuk dapat menurunkan berat badan 1-2kg tiap minggu.

 

3. Hindari Stres Berlebihan

Kesehatan tubuh kamu juga bisa terjadi melalui faktor psikis, loh. Oleh karena itu, pentingnya untuk menghindari stress yang berlebihan guna menjaga tubuh kamu tetap sehat bugar dan juga fit. Hal yang bisa kamu terapkan adalah coba untuk selalu berbaik sangka dan berpikir positif. Kalau kamu selalu berpikir yang baik-baik dan tidak buruk sangka pada orang, maka kamu dapat menghadapi masalah dengan mudah dan stress pun tidak akan terjadi.

 

4. Pola Makan Natural

“Sedapat mungkin hindari makanan olahan pabrik dan perbanyak makanan alami, seperti ikan segar, buah dan sayur yang juga segar,” kata Donald Novey, MD, dokter pengobatan integratif dari Advocate Medical Group in Park Ridge, Illinois. Konsumsilah biji-bijian dan kacang-kacangan, makanan berserat tinggi, pilih daging dan ikan segar rendah lemak. Hindari makanan dan minuman yang tinggi kalori, gula, garam, dan lemak jenuh. Pola makan sehat akan membantu Anda mempertahankan berat badan ideal dan ini sangat penting karena obesitas dapat memicu penyakit kardiovaskular, seperti jantung dan stroke. Obesitas juga meningkatkan risiko diabetes. Sementara makanan olahan, terutama daging, telah dipastikan oleh WHO sebagai penyebab utama kanker. Untuk camilan, cobalah untuk mengonsumsi sayuran mentah, seperti seledri, wortel, brokoli, mentimun, dan zucchini. Sayur-sayuran ini akan bertambah lezat jika Anda konsumsi bersama dengan madu murni.