4 Tips Atasi Bibir Pecah dalam Sekejap

Playxfit РApakah Anda pernah mengalami bibir pecah-pecah ? Pastinya kita semua pernah mengalaminya, namun sering atau tidaknya tergantung dari kondisi kesehatan kita. Saat bibir pecah, dimulai dari bibir kering, biasanya mudah berdarah, dan membuat tidak nyaman. Lalu penyebabnya apa ya ? Ternyata bibir pecah tidak hanya karena musim panas saja, tetapi juga karena kurang gizi, iritasi, dan efek samping obat-obatan. Jika Anda sedang berusaha mengatasinya, mungkin Anda dapat menerapkan beberapa tips di bawah ini. Caranya mudah dan pasti bisa Anda lakukan.

 

1. Konsumsi Air Putih

Tips yang pertama mengatasi bibir pecah-pecah adalah mengonsumsi air putih yang cukup. Bibir Anda pecah bisa jadi karena kekurangan cairan di dalam tubuh. Jadi cukupi kebutuhan cairan Anda dengan minum air putih minimal 8 gelas per hari. Selain mengatasi bibir pecah, air putih juga membuat tubuh dan organ yang lain lebih sehat.

 

2. Jangan Menjilat Bibir

Kedua, bagi Anda yang memiliki kebiasaan menjilat bibir, mulai sekarang Anda harus memberhentikan kebiasaan buruk tersebut. Menjilat bibir bukan untuk membasahi dan mengatasi bibir kering, justru akan memperparah kondisi bibir Anda. Mengapa ? Karena air liur lebih cepat menguap sehingga bisa menyebabkan kondisi bibir lebih kering daripada sebelum dibasahi dengan air liur.

 

3. Scrubbing

Selanjutnya, Anda juga bisa mencoba scrubbing bibir. Proses ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati di area tersebut. Gunakan gula atau garam yang dicampur dengan madu atau minyak, kemudian oleskan sambil dipijat dengan gerakan memutar. Lakukan secara perlahan dan lembut. Setelah itu bilas dengan handuk yang sudah dibasahi. Setelah semuanya bersih, oleskan pelembab atau lip balm agar bibir tidak kering. Lakukan scrubbing secara rutin, seminggu 1 kali untuk hasil yang maksimal.

 

4. Oleskan Madu

Tips yang terkahir adalah Anda dapat mengoleskan madu ke bibir yang kering dan pecah-pecah. Madu mengandung antimikroba, antiperadangan, dan khasiat lainnya yang dapat menjadi obat alami untuk bibir kering. Selain itu, madu juga dapat mencegah bibir kering yang terkena infeksi kuman dan bakteri dan membantu proses pengelupasan sel kulit mati secara lembut dan alami. Untu mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus memilih madu yang terbaik.