4 Penyebab Kaki O pada Anak

Kenali 4 Penyebab Kaki O pada Anak dan Cara Menanganinya - Alodokter

Kaki O pada anak merupakan kondisi Dimana kedua tungkai tampak melengkung ke luar saat anak berdiri. Kondisi ini umum terjadi pada bayi yang baru lahir hingga anak berusia 2 tahun. Namun, kaki O perlu ditangani oleh dokter jika anak sulit untuk berjalan atau berdiri.

Namun, kondisi kaki berbentuk O pada anak perlu diwaspadai dan diperiksakan ke dokter apabila tak kunjung membaik setelah anak mencapaiusia 2 tahun, kaki bengkok hanya terjadi pada satu kaki, menimbulkan rasa sakit, dan membuat anak tampak lemas tau pincang saat berjalan. Kaki O disertai dengan salah satu gejala yang disebutkan di atas bisa jadi disebabkan oleh adanya penyakit atau masalah kesehatan tungkai anak.

Berikut ada penyebab kaki O pada anak.

  1. Rakitis

Rakitis adalah penyebab terjadinya kaki O pada anak yang paling umum. Penyakit pada tulang ini terjadi akibat kekurangan atau defisiensi vitamin D yang berkepanjangan. Rakitis dapat menyebabkan tulang penderitaanya menjadi lemah dan membuat tungkai bawah tampak bengkok, sehingga kaki pada anak terlihat O.

  1. Penyakit Paget

Penyakit Paget sangat jarang sekali terjadi pada anak-anak. Namun jika terjadi, penyakit yang disebabkan oleh kelainan metabolic ini akan membuat tulang anak tidak bisa tumbuh secara normal. Akibatnya, tulang anak menjadi lemah.

  1. Penyakit Blount

Kaki O pada anak yang berkepanjangan bisa saja disebabkan oleh penyakit Blount, yaitu kelainan pertumbuhan pada tulang tungkai. Penyakit Blount ini terjadi sejak dini, tetapi ada juga yang terdeteksi ketika penderitanya menginjak usia remaja. Seiring waktu, penyakit ini dapat menyebabkan gangguan pada persendian lutut.

Salah satu risiko yangb menyebabkan anak-anak mengalami penyakit Blount adalah proses berjalan yang terlalu dini. Idealnya, anak mulai bisa berjalan sendiri usia 11-14 bulan. Risiko terjadinya penyakit ini juga meningkat pada anak yang menderita obesitas.

  1. Dwarfisme

Dwarfisme merupakan kelainan pertumbuhan jaringan pada tubuh yang membuat penderitanya tampak pendek. Dwarfisme dapat menyebabkan tulang terkena gangguan yang disebut achrondroplasia, sehingga mengakibatkan kaki O pada anak.

Itulah 4 Penyebab terjadinya kaki O pada anak.