4 Manfaat Mengonsumsi Gurita untuk Kesehatan Tubuh

Playxfit – Gurita merupakan salah satu hewan laut tak bertulang dengan terumbu karang sebagai habitat utamanya. Gurita tergolong sebagai moluska, yaitu hewan bertubuh lunak sehingga masih memiliki kekerabatan dengan kerang dan cumi-cumi.

Dalam bahasa Inggris, gurita dikenal dengan nama octopus. Hal ini mengacu pada struktur tubuh gurita yang memiliki delapan lengan atau tentakel yang dilengkapi dengan bagian penghisap berupa bulatan-bulatan cekung pada masing-masing lengannya.

Ternyata banyak manfaat mengonsumsi hewan berlengan delapan ini. lho!

 

1. Meredakan Anemia

Manfaat yang pertama adalah meredakan anemia. Anemia adalah kondisi medis yang terjadi saat tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat untuk membawa cukup oksigen ke jaringan tubuh. Manfaat gurita ini dipercaya bisa meredakan anemia karena mengandung zat besi sekitar 9,48 miligram. Zat besi memiliki tugas untuk membuat hemoglobin, yaitu protein di dalam sel darah merah yang membuatnya mampu membawa oksigen ke seluruh tubuh.

 

2. Menjaga Kesehatan Otak

Selanjutnya, mengonsumsi gurita dapat menjaga kesehatan otak. Kandungan EPA, DHA, dan Omega 3 yang dimiliki gurita adalah nutrisi super untuk perkembangan dan kesehatan otak. Bagi anak-anak, ketiganya juga sumber gizi untuk meningkatkan kecerdasan, menguatkan memori, serta memaksimalkan sambungan sinaps antar saraf di otak. Sedangkan bagi orang dewasa, berfungsi untuk mencegah alzheimer dan demensia.

 

3. Menyehatkan Jantung

Kemudian, mengonsumsi daging gurita juga dapat menyehatkan jantung Anda. Asam lemak omega-3 yang ada di dalam gurita merupakan lemak penting yang digunakan tubuh untuk membuat sel membran dan hormon yang mengontrol pembekuan darah, tekanan darah, serta peradangan. Jenis asam lemak omega-3 yang ditemukan pada makanan laut seperti gurita, yaitu asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Keduanya diyakini dapat menyehatkan jantung. Setiap 100 gram gurita yang sudah dikukus mengandung sekitar 0,38 gram asam lemak omega-3 EPA dan DHA.

 

4. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Selanjutnya, gurita dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Kandungan taurin pada gurita telah diteliti memiliki sifat antikanker. Taurin juga bekerja sebagai antioksidan dalam melawan peradangan dalam tubuh dan melindungi sel dari berbagai kerusakan yang terkait dengan kanker.

Menurut penelitian, taurin efektif untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, terutama pada penderita kanker serviks. Dalam penelitian tersebut, peneliti berusaha mengetahui pengobatan kanker dengan cisplatin bersama dengan taurin untuk merangsang apoptosis sel (kematian sel-sel kanker). Hasilnya pengobatan bersama cisplatin dan taurin lebih efektif dari pengobatan dengan cisplatin saja.