4 Manfaat Menggunakan Sunscreen Secara Rutin

Playxfit – Apakah Anda menggunakan sunscreen ? Sekarang, sunscreen menjadi hal yang penting untuk digunakan termasuk saat make up. Sunscreen sendiri adalah produk perawatan kulit yang berguna untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV, baik UVA maupun UVB. Jenis sunscreen sekarang ada banyak yaitu lotion, spray, gel, foam, atau stick. Apa saja ya manfaatnya menggunakan sunscreen?

1. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Manfaat yang pertama adalah melindungi kulit dari sinar matahari. Jika kulit terlalu banyak terpapar sinar matahari maka dapat memberi dampak yang buruk bagi kulit wajah Anda. Kulit akan menjadi merah, kering, belang, mengelupas, dan terasa perih. Dalam jangka panjang, kulit akan mengalami proses penuaan dini. Untuk meminimalisir bahaya dari paparan sinar matahari, sunscreen wajib digunakan.

 

2. Mencegah Kanker Kulit

Kemudian, penggunaan sunscreen juga akan mencegah munculnya kanker kulit. Sinar UVA dan UVB jika terpapar terus menerus di kulit Anda dapat menyebabkan kanker kulit. Mengapa? Karena terlalu lama terpapar sinar matahari dapat menyebabkan radiasi pada kulit yang dapat merusak DNA sel kulit. Dengan menggunakan sunscreen pastinya akan melindungi kulit Anda dari bahaya sinar UV.

 

3. Mencegah Munculnya Komedo

Munculnya komedo dapat dicegah dengan penggunaan sunscreen. Salah satu penyebab munculnya komedo adalah paparan sinar matahari. Maka dari itu, penggunaan sunscreen sangat penting untuk merawat kulit wajah Anda. Pastika Anda memilih brand dan produk sunscreen yang cocok dengan kulit wajah Anda.

 

4. Mencegah Kulit Terbakar

Manfaat terakhir yang kita bahas adalah mencegah kulit terbakar. Sunburn atau kulit terbakar diakibatkan karena terlalu lama beraktivitas di bawah terik matahari tanpa menggunakan pelindung apa pun. Sinar UVB dapat menyengat permukaan kulit sehingga menyebabkan sensasi terbakar pada kulit, pembengkakan, gatal, sampai pengelupasan kulit. Maka, dengan menggunakan sunscreen dapat mencegah kulit Anda terbakar.