4 Manfaat Labu Siam untuk Jaga Kesehatan

Playxfit – Siapa yang pernah mengonsumsi labu siam? Sechium edule, atau yang lebih dikenal dengan labu siam, merupakan salah satu jenis sayur yang sering dimakan masyarakat Indonesia. Sayuran ini dapat langsung dinikmati dengan cara direbus bersama kulitnya maupun diolah menjadi berbagai masakan dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu. Nah, ternyata mengonsumsi labu siam dapat menjaga kesehatan tubuh.

1. Mengontrol Gula Darah

Pertama, mengonsumsi labu siam dapat mengontrol gula darah karena kandungan karbohidratnya rendah dan serat larutnya tinggi. Serat larut dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat, yang mengurangi gula darah setelah makan. Labu siam juga dapat meningkatkan kontrol gula darah dengan memengaruhi kerja insulin. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa tanaman unik dalam labu siam dapat berperan dalam meningkatkan sensitivitas terhadap insulin dengan mengurangi aktivitas enzim yang terkait dengan kontrol gula darah yang buruk dan diabetes tipe 2.

 

2. Mengendalikan Kadar Kolesterol dan Berat Badan

Kedua, labu siam dapat mengendalikan kadar kolesterp; dan berat badan. Sayuran ini rendah kalori karena tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh. Maka dari itu, sayuran ini sering direkomendasikan bagi orang yang ingin mengurangi berat badan. Selain tanpa kolesterol, kandungan seratnya membantu membuang kolesterol melalui feses. Cara kerja ini cocok untuk menurunkan kolesterol.

 

3. Menurunkan Kadar Asam Urat

Kemudian labu siam juga dapat menurunkan kadar asam urat. Labu siam merupakan sumber makanan rendah purin dan tinggi serat, sehingga dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dan mencegah kambuhnya gejala penyakit asam urat. Oleh karena itu, labu siam baik dikonsumsi bagi penderita asam urat. Meski demikian, manfaat labu siam untuk mengatasi penyakit asam urat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

 

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat yang terakhir, labu siam dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan labu siam mengandung banyak sekali antioksidan kuat, salah satunya adalah Myricetin, yang terbukti ampuh menurunkan tingkat kolesterol. Tentu saja, dengan turunnya tingkat kolesterol pada tubuh, maka risiko penyakit jantung juga dapat ditekan.