4 Manfaat Konsumsi Beras Hitam

Playxfit – Beras hitam adalah kumpulan berbagai jenis beras dari spesies Oryza sativa L., termasuk beberapa di antaranya yakni beras ketan. Bulir hitamnya utuh mempertahankan semua sifat alaminya karena beras ini tidak melalui proses pemutihan. Lantas apa saja ya manfaat mengonsumsi beras hitam?

1. Detoks Hati

Manfaat yang pertama adalah untuk detoks hati. Menurut beberapa penelitian, beras ini berperan penting dalam menjaga kesehatan hati terutama dalam mencegah perlemakan hati, termasuk perlemakan hati alkoholik. Hati (liver) merupakan salah satu organ tubuh terbesar manusia yang bertanggung jawab untuk mengubah nutrisi dari makanan menjadi energi untuk digunakan tubuh. Hati juga mengatur hormon dan memainkan peran penting dalam detoksifikasi tubuh. Beras hitam dapat membantu hati menghilangkan zzat beracun berkat kandungan fitonutrien yang secara signifikan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, sekaligus pula membantu memperbaiki dan meningkatkan fungsi masing-masing jaringan.

 

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Kedua, mengonsumsi beras hitam dapat mengurangi risiko penyakit kanker. Kandungan antosianin dalam beras hitam membawa manfaat penting bagi tubuh, yaitu membantu mengurangi risiko terkena kanker. Selain itu, antosianin dalam beras hitam juga dapat memberikan efek baik bagi penderita kanker. Menurut penelitian, antosianin dapat memperlambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara dalam tubuh.

 

3. Tinggi Vitamin dan Mineral

Beras hitam ternyata tinggi atau kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin E, B1, B2, B3, dan B6, serta mineral zinc, magnesium, dan fosfor. Vitamin B kompleks dapat membantu tubuh untuk  melepaskan energi dan mengolahnya secara efektif untuk Anda beraktivitas selama seharian. Kandungan magnesium dan zat besi membantu memerangi sindrom 3L (letih, lelah, lesu). Untuk satu porsi nasi hitam memenuhi 8% dari asupan harian untuk zinc, 6% untuk zat besi, dan 20% untuk fosfor. Zinc sendiri merupakan mineral yang mendukung kinerja sistem imun tubuh, sementara fosfor dibutuhkan untuk pembentukan gigi dan tulang.

 

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat yang terakhir adalah beras hitam dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan protein pada beras hitam lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih ataupun beras merah. Hasil dari penelitian yang dilakukan selama 6 minggu, wanita dengan berat badan berlebih yang makan campuran nasi merah dan nasi hitam 3 kali sehari bisa mengalami penurunan berat badan dan lemak tubuh secara signifikan dibandingkan dengan yang memakan nasi putih.