4 Manfaat Jeruk Nipis yang Tidak Banyak Diketahui

Playxfit – Jeruk nipis merupakan buah berukuran kecil yang rasanya asam. Air perasan jeruk ini sering dinikmati dengan cara mencampurkannya ke dalam air putih, menjadi minuman pelepas dahaga yang menyehatkan, bahkan dibuat menjadi bahan masakan.  Buah ini memiliki banyak kandungan bermanfaat dalam tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaatnya?

 

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat yang pertama adalah menurunkan berat badan. Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme serta membantu membakar lebih banyak kalori.

 

2. Meningkatkan Imunitas

Jeruk nipis juga dapat membantu untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Vitamin C dalam jeruk nipis sangat bernutrisi untuk kesehatan tubuh kita.

Menurut penelitian, vitamin C dalam jeruk nipis dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih. Hal ini bermanfaat untuk membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi. Mengonsumsi vitamin C akan sangat membantu manusia untuk mencegah pilek yang parah. Mengonsumsi vitamin C juga dapat mengurangi peradangan. Antioksidan di dalam jeruk nipis dapat  memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mempertahankan sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

 

3. Mencegah Batu Ginjal

Manfaat ketiga yang jarang Anda ketahui adalah mencegah batu ginjal. Asam sitrat dalam jeruk nipis dapat ditemukan dalam lemon dan jeruk jenis lainnya yang dapat membuat batu ginjal lebih sulit terbentuk. Sebenarnya apa itu batu ginjal?

Batu ginjal adalah kristal mineral yang sering kali menyebebabkan rasa nyeri ketika buang air kecil.bBatu ini dapat terbentuk di dalam ginjal dan akan keluar bersama dengan urine ketika buang air kecil.

 

4. Menurunkan Kolesterol

Jeruk nipis juga sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kita. Kandungan zat hesperidin dalam jeruk nipis bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Zat tersebut juga dapat membantu menurunkan trigliserida yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, kandungan kalium dalam jeruk nipis dapat menurunkan tekanan darah serta meningkatkan sirkulasi darah. Senyawa limonin dalam jeruk nipis juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.