4 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Nge-Gym

Playxfit – Tertarik untuk olahraga nge-gym atau baru pertama kali nge gym dan bingung harus mulai dari mana? Nah, mungkin Anda bisa mulai dari 4 hal di bawah ini.

1. Atur Jadwal Latihan

Pertama adalah atur jadwal latihan Anda. Latihan yang baik adalah latihan yang dilakukan secara teratur. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus bisa melakukan olahraga gym secara teratur dan maksimal. Kebanyakan dari pengguna gym tidak memiliki jadwal yang teratur, hanya pergi ke gym ketika mood atau ada waktu luang. Dengan begitu, hasil yang didapatkan tidak akan maksimal. Misalnya tentukan latihan 4 kali dalam seminggu, jika mau lebih ketat mungkin bisa 5 sampai 6 kali dalam seminggu.

 

2. Tentukan Target yang Realistis

Kedua, tentukan target yang realistis dan jelas. Apa yang ingin Anda capai dari nge-gym? Otot yang kekar atau berat tubuh yang ideal? Target yang Anda tentukan ini yang kemudian akan mempengaruhi jenis-jenis dan tingkatan latihan yang akan Anda tempuh. Pastikan juga Anda memiliki target yang konstan (tidak berubah suatu waktu), sehingga latihan Anda akan lebih fokus.

 

3. Mulai dengan 30 Menit 

Setelah menentukan target, Anda harus mulai berlatih membiasakan diri. Mulailah dari 30 menit dalam 3 atau 4 hari seminggu. Setelah Anda sudah bisa konstan melakukannya, Anda bisa menambahkan 40 menit hingga 1 jam untuk setiap kali latihan.

 

4. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Nah, sebelum melakukan gym jangan lupa untuk melakukan pemanasan. Anda bisa melakukan peregangan berbasis gerakan (juga dikenal sebagai dinamis). Meregangkan kaki, badan, dan kaki itu yang terpenting. Hal ini bisa Anda lakukan sederhana saja. Pemanasan ini sangat penting untuk dilakukan agar tidak cidera pada saat latihan dan otot tidak kaget.

Setelah melakukan latihan, jangan lupa untuk melakukan pendinginan ya. Sesi ini sama pentingnya dengan sesi pemanasan, supaya otot tubuh kita juga tidak kaget. Ini adalah kesempatan bagus untuk mencoba dan melepas lelah serta melemaskan beberapa area kaku yang baru saja diperjuangkan untuk dilonggarkan.