4 Cara mudah Mengatasi Gondongan

Playxfit – Apakah Anda pernah mengalami gondongan yang biasanya daerah leher terdapat benjolan agak besar? Gondongan merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dari golongan paramyxovirus. Virus ini menyebar melalui droplet, yaitu percikan air liur dan lendir yang keluar dari mulut dan hidung penderitanya. Lalu bagaimana caranya mengatasi gondongan secara sederhana sebagai pertolongan pertama di rumah ya ?

1. Banyak Minum Air Putih

Pertama, Anda dapat mengonsumsi air putih lebih banyak untuk mengatasi gondongan. Walaupun saat gondongan Anda akan sulit makan dan minum, namun Anda tetap harus memaksakan untuk minum air putih lebih banyak. Penderita gondongan rentan mengalami dehidrasi, sehingga kebutuhan cairan harus terus terpenuhi. Air putih juga sangat baik untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh Anda. Dengan begitu, sistem imun bisa semakin kuat melawan infeksi virus. Sebaiknya jangan minum minuman kemasan karena kandungan di dalamnya akan membuat Anda lebih mudah haus.

 

2. Kompres Air Dingin

Selanjutnya Anda dapat mengompres bagian yang terkena gondongan dengan air dingin. Cara yang satu ini sudah terbukti ampuh untuk membantu meredakan pembengkakan serta mengurangi rasa sakit. Kompres dingin dapat meredakan peradangan sekaligus memberikan rasa nyaman pada area leher yang sakit. Suhu yang rendah dapat membantu mempersempit pembuluh darah dan memperlambat aliran darah pada lokasi yang terkena sakit gondong. Penurunan aliran darah tersebut akan mengurangi zat-zat perangsang peradangan yang bergerak menuju area yang sakit gondong. Caranya sangat mudah, balut es dengan kain atau lap sebelum Anda tempelkan ke kulit yang menonjol karen gondongan.

 

3. Istirahat yang Cukup

Anda juga sangat disarankan untuk memiliki waktu istirahat atau tidur yang cukup selama kurnag lebih lima hari. Istirahat yang cukup berperan penting untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Sebaiknya hindari aktivitas di luar rumah terlebih dahulu agar tidak terinfeksi dengan bakteri atau virus yang lain.

 

4. Mengonsumsi Obat Penghilang Rasa Sakit

Jika semua cara di atas belum mempan, mungkin Anda bisa periksa ke dokter dan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan paracetamol. Untuk penyembuhan penyakit gondongan ini butuh beberapa minggu. Anda juga harus menjaga kebersihan tangan dan tubuh agar Anda bisa lebih cepat pulih dari gondongan.