4 Cara Mengobati Sariawan Alami agar Terbebas dari Rasa Perih

7 Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami

Sariawan sering kali membuat penderitanya sulit untuk makan dan minum. Saat dalam keadaan mendesak dan belum menemukan obat sariawan, anda dapat menggunakan obat sariawan alami. Ada beberapa obat sariawan alami untuk mengatasi nyeri yang menganggu kelaigus mempercepat penyembuhan sariawan.

Penyebab pasti munculnya sariawan juga belum diketahui hingga saat ini. Namun, sariawan di lidar, bibir, atau sekitar mulut bagian dalam dapat terjadi akibat infeksi virus atau jamur, alergi makanan, menurunnya sistem kekebalan tubuh, cedera, dan kekurangan nutrisi tertentu. Terkadang, kondisi ini juga dapat terjadi saat Anda sedang stres.

  1. Larutan Garam

Berkumur dengan larutan garam diketahui efektif untuk meredakan nyeri, mengurangi peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan jaringan busi, bibir, dan mulut yang terkena sariawan. Anda dapat mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam ½ cangkir air hangat, lalu berkumur menggunakan larutan tersebut selama 15–30 detik. Selain garam, Anda juga bisa menggunakan baking soda sebagai obat sariawan alami.

  1. The Chamomile

Chamomile mengandung senyawa antiradang dan antiseptic, yaitu azulene dan levomenol, yang dipercaya dapat meredakan dan cepat memproses penyembuhan sariawan. Untuk mengobati sariawan, Anda dapat merendam kantong teh chamomile di dalam air hangat. Kemudian kompres luka sariawan menggunakan kantong teh tersebut selama kurang lebih 5 menit sebanyak 3–4 kali sehari.

  1. Madu

Selain Chamomile, madu juga memiliki sifat antiradang dan bakteri sehingga baik untuk dijadikan obat sariawan alami. Anda dapat mengoleskan madu ke luka sariawan sebanyak 3–4 kali sehari hingga sariawan sembuh.

Jenis madu yang paling baik untuk menyembuhkan luka sariawan adalah jenis madu murni yang tidak melewati proses pasteurisasi.

  1. Sayuran dan buah-buahan

Agar sariawan cepat sembuh, anda juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, seperti vitamin B, vitamin C, zinc, zat besi, dan folat. Nutrisi-nutrisi tersebut diperoleh dari buah-buahan dan sayuran. Tak hanya sayuran dan buah-buahan, beragam nutrisi untuk mengatasi sariawan juga bisa diperoleh dari suplemen tambahan.

Itulah 4 tips mengobati sariawan dengan menggunakan obat alami.