4 Cara Mengatasi Rasa Malu Yang Menganggu

3 Cara Menghilangkan Sifat Pemalu yang Berlebihan agar Tidak Mengganggumu!

Semua orang pasti pernah merasa malu. Dari yang yang sederhana seperti malu karena melakukan kesalahan sepele hingga malu karena ada hal penting yang mencoreng identitas atau nama baik kamu anda diluar sana. Karena setiap orang pernah mengalaminya, bukan berarti rasa malu ini akan selamanya mengendap dalam diri. Hal ini harus dicegah, dan perasaan malu karena hal tertentu harus dilupakan agar tidak memengaruhi diri anda kedepannya. Lalu, bagaimana cara mengatasi rasa malu yang mengganggu?

  1. Perhatikan apa yang memicu rasa malu datang

Pertama, coba untuk evaluasi dan tulis apa saja yang membuatmu merasa malu. Mungkin ini sulit pada awalnya, karena tidak dipungkiri kalau anda juga malu untuk mengingat dan mengungkapkannya pada diri sendiri. Pahami dengan dalam mengapa anda merasa malu bisakah rasa malu itu dihilangkan, apa yang bisa membuat Anda tidak malu lagi, serta bagaimana mengantisipasi diri agar tidak semakin malu. Begitu anda sudah tahu hal yang membuat anda malu, anda bisa mempelajari pemicunya dan menghilangkan kegelisahan anda.

  1. Terima diri, kalau anda memang merasakan malu

Tidak ada yang ingin merasa malu atau dipermalukan. Namun, ketika hal itu terjadi, anda tidak bisa menghapusnya begitu saja dari ingatan. Hal pertama yang wajib anda lakukan adalah menerima kalau rasa malu itu memang anda rasakan. Anda tidak boleh menyangkal dan menganggap diri anda baik-baik saja. Anda harus menerima rasa malu itu untuk bisa melawannya. Dengan mengakui perasaan anda, anda bisa menjadi orang yang lebih percaya diri dan positif.

  1. Jauhi orang yang membuat rasa malu anda muncul kembali

Memang menyebalkan jika masih saja ada orang-orang yang terus mengingatkan anda soal hal memalukan yang sudah terjadi. Jika masih ada orang yang seperti itu, atau sengaja menyinggung agar anda menjadi tambah malu, ada baiknya anda menjauhi orang-orang tersebut. Anda punya hak untuk memilih siapa yang akan berada di sekeliling Anda dan siapa yang tidak. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang mendukung, memahami, dan mencintai Anda.

  1. Memaafkan diri sendiri

Mengikhlaskan hal, orang, atau kejadian yang membuat diri anda malu, merupakan cara jitu yang bisa Anda lakukan untuk mendamaikan diri dari perasaan malu. Seperti yang telah disinggung di atas, setiap orang punya salah dan pernah merasa malu. Lalu, untuk apa Anda menjadi orang yang terpuruk dalam rasa malu?

Satu atau dua kejadian yang memalukan tidak akan menjadi vonis seumur hidup terhadap identitas dan hidup Anda.

Itulah 4 cara untuk mengatasi rasa malu yang mengganggu anda.