4 Cara Mencintai Diri Sendiri

 

Apa Itu Self Love? 6 Cara Mencintai Diri Sendiri Menurut Psikolog Halaman  all - Kompas.com

Istilah self love saat ini kerap kali muncul di jagat dunia maya. Nah, self love sendiri diartikan sebagai Upaya mencintai diri sendiri dengan sepenuhnya. Baik dalam mencintai kelebihan maupun kekurangan diri sendiri. Istilah ramai ini diperbincangkan karena masih banyak orang yang kurang mencintai diri sendiri.

Padahal fenomena tersebut bisa saja menimbulkan dampak negatifnya ketika seseorang menjalani kehidupan. Sebagai contoh, mengabaikan apa yang mental dan fisik butuhkan seperti kurang istirahat karena hanya berfokus pada pikiran negatif yang ada di kepala. Hal ini tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan yang berdampak pada kesehatan mental. Berikut ini ada 4 cara mencintai diri sendiri.

  1. Memenuhi kebutuhan diri sendiri dengan baik

Langkah pertama untuk bersahabat dengan diri sendiri adalah dengan mengetahui kebutuhan fisik, Rohani, dan mental anda. Hal sederhana yang bisa anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan menjaga kesehatan. Mulailah dari tidur cukup selama 7-8 jam, makan teratur, dan olahraga. Selain itu, anda sebaiknya juga meluangkan waktu untuk meredakan stress dengan cara yang cocok bagi anda, baik itu bermeditasi, jalan-jalan, beribadah, atau lainnya.

  1. Meluangkan waktu tanpa perangkat elektronik

Berikan waktu kepada diri sendiri untuk beristirahat dari melihat layar ponsel atau laptop. Tanpa disadari, penggunaan gawai berlebihan karena pekerjaan atau lingkungan sosial memang dapat menguras pikiran. Sebagai gantinya, gunakan waktu yang ada untuk mengobrol langsung dengan teman atau melakukan suatu hal baru untuk mengasah kreativitas.

  1. Menyediakan waktu untuk diri sendiri

Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah me time. Ini adalah momen ketika anda meluangkan waktu untuk diri sendiri tanpa bergantung dengan orang lain. Dengan melakukan me time, anda bisa melakukan sesuatu yang benar-benar anda sukai tanpa melibatkan orang, misalnya membaca buku, mendengarkan music, dan bahkan bermain teka-teki silang.

  1. Membersihkan atau menata ruang pribadi

Membersihkan dan menata rumah atau kamar merupakan salah satu cara sederhana untuk mencintai diri sendiri yang kadang di sepelekan. Padahal, rumah yang bersih dan tertata rapi bisa memberikan suasana baru sehingga membuat anda lebih semangat. Tidak jarang, anda juga memiliki pandangan baru karena suasana yang ada.

Itulah ada 4 cara mencintai diri sendiri.