4 Cara Manjur Agar Bisa Kentut

Playxfit – Kentut merupakan hal yang sangat penting untuk kesehatan. Namun, seringkali dianggap sebagai salah satu hal yang memalukan sehingga banyak yang menahannya. Padahal, kentut adalah hal yang normal dan wajar karena merupakan tanda bahwa sistem pencernaan bekerja. Justru jika ada orang yang tidak bisa kentut, akan membawa rasa sakit. Berikut ini ada 4 cara manjur agar bisa kentut jika suatu saat Anda kesulitan untuk mengeluarkan angin yang ada dalam perut Anda.

1. Memijat Perut dengan Minyak

Cara yang pertama adalah memijat perut dengan minyak gosok. Ada beberapa jenis minyak yang menimbulkan sensasi hangat ketika digosok, seperti minyak peppermint, minyak kayu putih, atau minyak eukaliptus. Cara ini merupakan cara alami yang sangat mudah untuk Anda lakukan. Gerakan memijat perut terbukti memicu gerakan di dalam perut sehingga mendorong gas keluar.

 

2. Minum Minuman Bersoda

Cara kedua adalah minum minuman bersoda. Ternyata, Anda yang kesulitan untuk bisa kentut secara alami sangat disarankan untuk minum minuman bersoda. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian yang dimuat pada European Journal of Gastroenterology & Hepatology di tahun 2002. Pada penelitian ini, ditemukan bahwa 21 orang yang mengalami masalah pencernaan dan meminum air berkarbonasi menunjukkan perkembangan yang signifikan. Dengan begitu, sistem pencernaan akan kembali normal dan gas yang terperangkap di dalam perut bisa dikeluarkan.

 

3. Konsumsi Air Hangat atau Teh Herbal

Selain soda, Anda dapat mencoba untuk minum air hangat atau teh herbal. Cara ini dapat dikatakan ampuh untuk mengatasi keluhan susah kentut. Minum air hangat dapat merangsang pergerakan usus untuk mengeluarkan gas dari dalam perut melalui kentut sekaligus meredakan kram perut. Teh hangat juga dapat membuat seseorang lebih mudah kentut. Beberapa pilihan teh herbal yang dinilai efektif mengatasi perut kembung adalah teh peppermint, teh jahe, dan teh chamomile. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi minuman yang terbuat dari bahan-bahan dapur, seperti adas, jintan, ketumbar, dan kunyit. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mencampurkan salah satu bahan tersebut ke dalam segelas air hangat.

 

4. Berolahraga

Saran selanjutnya adalah rutinlah berolahraga. Menurut penelitian, berolahraga dapat menghindarkan dari beberapa masalah pencernaan, seperti konstipasi dan sakit karena tidak bisa kentut. Olahraga juga dapat meregangkan otot-otot di sekitar usus sehingga membuat gas dapat dikeluarkan melalui sistem pencernaan. Kurangnya olahraga membuat tubuh tidak bisa mengeluarkan gas yang terperangkap sehingga melakukan olahraga ringan, seperti berjalan-jalan, akan sangat membantu.