4 Cara Agar Cepat Tidur Agar Terhindar Insomnia

Catat, Ini 6 Cara Ampuh agar Bisa Cepat Tidur

Kesulitan tidur atau insomnia punya banyak arti, bisa saja sulit untuk memulai tidur, sering bangun pada Tengah malam atau terlalu pagi, dan juga bisa tidak mampu kembali tidur. Kondisi dapat menggangu aktivitas sehari-harimu. Kondisi ini akan membuat kamu kurang berenergi dan bersemangat untuk beraktivitas. Gejala sulit tidur atau insomnia ini menjadi masalah kesehatan yang harus segera ditangani. Sebab, apabila tidak segera ditangani waktu istirahat malam jadi tidak terpenuhi dan akhirnya berdampak pada kondisi kesehatan. Supaya tidur tetap berkualitas, kamu bisa mencoba cara agar bisa cepat tidur berikut:

  1. Hindari interaksi dengan barang elektronik sebelum tidur

Cara agar cepat tidur pertama adalah menghindari interaksi dengan barang elektronik sebelum tidur. Kamu bisa menghindari interaksi dengan barang elektronik setidaknya sekitar 1,5 jam sebelum tidur. Apabila kamu terbangun Tengah malam hindari untuk menyalakan ponsel. Sebab, Cahaya dari ponsel dapat mengakibatkan terjadinya penurunan produksi hormon metalonin yang membuat tidur terganggu.

  1. Tidak mengonsumsi makanan atau minuman tertentu

Sebaiknya, hindarilah mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi sebelum tidur. Pasalnya, hal tersebut dapat membuat tubuh bekerja lebih keras untuk menghancurkan lemak. Dampaknya tentu membuat kamu mengalami sulit tidur. Selain itu, hindari konsumsi minuman tinggi kafein seperti kopi menjelang tidur karena bisa membuat kamu terjaga semalaman.

  1. Konsumsi makanan mengandung karbohidrat

Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dengan porsi yang tidak berlebihan dipercaya dapat membuat tubuh menjadi lebih mudah tidur. Ini disebabkan karena karbohidrat yang dapat membantu meningkatkan kadar hormon tryptophan yang membuat tubuh menjadi lebih mudah merasa kantuk. Meski begitu, masih diperlukan studi lanjutan untuk membuktikan hal ini.

  1. Berlatih Pernapasan

Cara berikutnya adalah berlatih pernapasan. Caranya, mulailah mengambil napas dari hidung selama empat hitungan. Lalu, tahan napas hingga tujuh hitungan, dan hembuskan napas secara perlahan melalui mulut selama delapan hitungan. Ulangi hingga empat kali. Apabila cara itu dilakukan secara rutin, Latihan bernapas itu mampu membuat kamu lebih rilek dan mengantuk.

Itulah 4 Tips Agar kamu cepat tidur agar terhindar dari Insomnia.