5 Manfaat Konsumsi Durian bagi Kesehatan Tubuh

Playxfit – Durian merupakan salah satu buah spesial dan populer dari Asia Tenggara karena memiliki aroma dan rasanya yang khas. Buah durian biasanya dikonsumsi pada saat musim panen durian. Selain enak, ternyata durian memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh kita jika dikonsumsi secukupnya.

 

1. Membantu Melancarkan Pencernaan

Manfaat makan durian yang pertama adalah membantu melancarkan pencernaan. Durian mengandung serat yang baik bagi kesehatan pencernaan kita. Sel-sel pada usus besar membutuhkan serat sebagai bahan bakar yang membantu menjaga agar tetap sehat. Serat juga bermanfaat untuk menjaga saluran pencernaan agar buanh air besar lebih teratur.

 

2. Mengurangi Risiko Kanker

Kedua adalah mengurangi risiko kanker. Senyawa antioksidan dalam buah durian diyakini bermanfaat dapat menangkal radikal bebas pemicu kanker. Selain itu, ekstrak buah durian diyakini dapat mencegah penyebaran sel kanker payudara. Namun, Anda juga sangat tidak disarankan untuk makan durian terlalu banyak.

 

3. Menjaga Fungsi Kelenjar Tiroid

Selanjutnya, mengonsumsi durian dapat menjaga fungsi kelenjar tiroid. Kandungan tembaga dalam durian dapat berfungsi dalam metabolisme kelenjar tiroid, terutama pada produksi hormon dan penyerapannya. Kelenjar ini berfungsi untuk mengatur kepekaan tubuh terhadap hormon lain, membuat protein, dan mengatur kecepatan tubuh dalam membakar energi.

 

4. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat yang keempat, makan durian dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh kita. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi dipercaya sebagai zat yang dapat melindungi tubuh Anda dari bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya, seperti kanker dan penyakit jantung.

Radikal bebas tersebut merupakan molekul yang muncul di dalam tubuh sebagai reaksi sisa metabolisme. Radikal bebas ini akan meningkat jika Anda merokok atau terpapar radiasi.

 

5. Tinggi Karbohidrat

Durian juga tinggi karbohidrat. Jika Anda tidak memiliki masalah dengan gula darah, Anda dapat mengonsumsi durian sebagai sumber karbohidrat. Dalam satu buah durian, terdapat sekitar 150 kalori yang cukup untuk menjadi sumber makanan penambah energi yang mengenyangkan.