Konsumsi Kacang Hijau Banyak Manfaatnya

Playxfit – Apakah Anda penggemar kacang hijau? Kacang hijau termasuk dalam keluarga phaseolus vulgaris. Setiap kita pasti tahu jika kacang hijau merupakan kacang-kacangan yang menyehatkan tubuh kita. Kacang hijau dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman yang bisa disesuaikan dengan lidah kita masing-masing. Mari kita simak lebih lanjut apa saja manfaat penting mengonsumsi kacang hijau !

 

1. Mengatasi Anemia

Manfaat yang pertama adalah mengatasi anemia. Tubuh kita membutuhkan kandungan zat besi yang cukup agar sel darah merah dapat menyalurkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Jika kandungan zat besi tidak tercukupi maka Anda akan terserang anemia yang membuat Anda lemah dan pusing. Dengan mengonsumsi kacang hijau dapat meningkatkan zat besi di dalam tubuh Anda.

 

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kedua, mengonsumsi kacang hijau dapat menurunkan kadar kolesterol karena kandungan lemak yang dimiliki kacang hijau sangat rendah. Setiap 100 gram kacang hijau terdapat 0,1 gram lemak. Dengan kandungan lemak yang rendah serta serat dan antioksidan fitosterol yang tinggi, akan sangat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

 

3. Mengurangi Risiko Kanker

Risiko kanker juga bisa dikurnagi dengan cara mengonsumsi kacang hijau. Klorofil yang ada pada kacang hijau dapat memblokir efek karsinogenik dari amina heterosiklik ketika memanggang daging pada suhu tinggi. Jika Anda gemar makan makanan yang dibakar, maka daging yang dibakar atau dipanggang mengandung karsinogenik. Zat berbahaya tersebut dapat menyebabkan risiko kanker di tubuh. Maka dari itu, Anda bisa mengonsumsi kacang hijau dan sayuran lainnya untuk menangkal risiko kanker.

 

4. Mengurangi Risiko Kehamilan yang Bermasalah

Manfaat selanjutnya adalah mengurangi risiko masalah selama kehamilan bagi para ibu. Kandungan folat yang terdapat di dalam kacang hijau tergolong cukup tinggi sehingga baik untuk ibu hamil. Kandungan asam folat dapat melindungi bayi terlahir secara prematur, terjadi keguguran, berat badan lahir rendah, atau lahir dengan kelainan saraf dan otak (neural tube defect).

 

5. Memperbaiki Fungsi Pencernaan

Mengonsumsi kacang hijau juga dapat memperbaiki fungsi pencernaan, lho. Ada banyak sekali masalah pencernaan selain sembelit, yaitu wasir, refluks asam lambung, dan bisul. Kacang hijau dapat meningkatkan pergerakan usus dan mengurangi tekanan pada dinding usus.