Jangan Makan Ini Untuk Menghindari Asam Lambung

Playxfit – Apakah anda memiliki gangguan pada asam lambung? Jika ya maka anda perlu memperhatikan jenis makanan dan minuman yang yang seharusnya anda konsumsi. Kira-kira apa saja ya makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi agar asam lambung tidak naik?

1. Makanan Pedas

Pertama Anda jangan mengonsumsi makanan pedas, sepertinya pandangan ini bukanlah hal yang baru semua orang terkena asam lambung biasanya sudah mengetahui bahwa mereka tidak boleh makan makanan yang pedas terlalu sering.

Rasa pedas yang berasal dari cabai mengandung zat yang disebut capsaicin di dalamnya, yaitu ekstrak alkaloid yang memberikan rasa pedas pada cabai. Selain memberikan rasa pedas, capsaicin juga bisa memperlambat kinerja sistem pencernaan. Bila hal ini terjadi pada orang yang sakit maag, tentu gejalanya akan lebih buruk mengingat proses pencernaannya memakan waktu lebih lama.

 

2. Makanan Berlemak

Selanjutnya ada juga pantang untuk makan gorengan atau makan makanan yang berlemak. Makanan yang digoreng dan mengandung kadar lemak tinggi dapat menyebabkan sfingter esofagus melemah. Akibatnya, asam lambung rentan naik kembali dari perut ke kerongkongan. Makanan berlemak dapat menghambat proses pengosongan perut.

 

3. Minuman Berkarbonasi

Kemudian Anda juga sebaiknya menghindari minuman berkarbonasi dan bersoda yang dapat membuat perut Anda cepat kembung. Jenis minuman ini dapat memicu asam lambung. Mengapa bisa seperti itu?

Karena minuman berkarbonasi  dapat melemahkan otot pada esofagus bagian bawah. Bahkan, kebanyakan minuman berkarbonasi juga mengandung kafein yang semakin berisiko terhadap asam lambung naik.

Maka dari itu, minuman ini menjadi salah satu pantangan untuk orang yang memiliki maag, terutama bagi mereka yang tak ingin gejalanya kambuh.

Ketiga pantangan makanan dan minuman di atas hanyalah sebagian kecil dari cara untuk mengatasi naiknya asam lambung. Yang terpenting adalah makanlah tepat waktu sesuai dengan waktunya dan kemudian hindari makanan dan minuman yang memicu naiknya asam lambung.